Oleh: dewiobenk | 2009/02/10

Sebuah Pencarian Makna…

Hidup adalah sebuah rahasia ilahi, namun manusia selalu ingin tau apa rahasia dari semua ini, sehingga selalu ada hikmah yang terkuak dari setiap kejadian. Kebohongan-kebohongan berkeliaran di muka bumi, namun kebenaran akan memberi bukti. Setiap anak manusia akan mencari apa makna kehidupan ini, ketika makna itu belum ditemukan, yang ada hanya keresahan hati. Memang kehidupan tanpa ilmu ibarat malam yang dingin, senyap, mencekam, meresahkan dan menggelisahkan hati.
Namun ketika kakimu melangkah ke alam sunyi, tak akan terdengar lagi hiruk pikuk kehidupan. Yang terdengar hanya kicauan burung, gemercik air, desiran angin, dan detak jantungmu sendiri. Akan kau cium wangi daun, aroma tanah, udara segar. Itulah persahabatan sejati dari alam, persahabatan yang akan mengajarkan arti kehidupan.
Dan disana akan kau temukan siapa dirimu yang sebenarnya, ketika engkau tau siapa dirimu, maka engkau akan paham siapa Tuhan yang menciptakan dirimu dan alam semesta ini. Dan ketika kau sadari siapa Sang Maha Pencipta itu, maka kau akan tau kemana langkah yang harus kau tuju.
Sekolah terbaik adalah kehidupan itu sendiri, ketika kau rasakan pahit dan manisnya, ketika kau nikmati senang dan susahnya, ketika kau lewati onak dan durinya, ketika kau jatuh dan bangun tanpa henti.
Sepanjang hidup, manusia akan selalu mencari dan mencari makna hidupnya, dan sesungguhnya dia sedang mencari jalan menuju Tuhannya…. Sebuah ayat Al Qur’an mengingatkanku: Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang…Tak kan ada lagi keresahan ketika hatimu mengingat Allah.

Sayup-sayup terdengar sebuah lagu apik karya Eros “sheilla on 7” yang dipakai sebagai ost.film Gie, tak tau dari mana asalnya, atau mungkin dari suara hatiku sendiri:

sebuah pencarian makna

sebuah pencarian makna

Sampaikanlah pada Ibuku, aku pulang terlambat waktu …
ku akan menaklukkan malam, dg jalan pikiranku…
Sampaikanlah pada bapakku, aku mencari jalan atas semua keresahan2 ini…
Kegelisahan manusia, retaklah… malam yg dingin…
Tak pernah berhenti berjuang, pecahkan teka teki malam
Tak pernah berhenti berjuang, pecahkan teka teki keadilan

Berbagi waktu dengan alam…
Kau akan tau siapa dirimu sebenarnya
Hakikat manusia,
Tak pernah berhenti berjuang, pecahkan teka teki malam
Tak pernah berhenti berjuang, pecahkan teka teki keadilan
Akan aku telusuri jalan setapak ini, Semoga kutemukan jawaban..(4x)
Jawaban (2x)…ooo (3x)…

About these ads

Responses

  1. bener banget tuh
    jadi nambah semangat hidup nih
    semangat!

  2. tks bgt komentarnya ya andri…, maaf ya blognya masih acak-acakan, namanya juga baru belajar :-D

  3. hayo…s emangat

    sidjie 234


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: